sitemap

Notasi atau Nomor Klas diartikan sebagai simbol atau bodoh yang mewakili sebuah subjek bahan pustaka dalam bagan klasifikasi. Notasi dapat berupa huruf, angka bahkan warna.

Notasi atau Nomor Klas diartikan sebagai simbol atau kode yang mewakili sebuah subjek bahan pustaka dalam bagan klasifikasi. Notasi dapat berupa huruf, angka bahkan warna. Namun diantara ketiga jenis notasi tersebut angka merupakan notasi yang banyak digunakan oleh perpustakaan.
Cara Menentukan Notasi Atau Nomor Klas di Perpustakaan

Alasan Penggunaan Notasi di Perpustakaan

Motivasi perpustakaan memanfaatkan angka sebagai notasi salah satuya karena notasi angka memiliki bagian yang berlaku secara internasional seperti 2 decimal classification universal decimal classification dan library of Congress.

Penjelasan 3 Jenis Notasi di Perpustakaan

Berikut ini adalah penjelasan tentang ketiga jenis notasi yang dapat digunakan oleh perpustakaan :

Pertama, Notasi Warna :
Apabila perpustakaan akan menggunakan warna sebagai identitas klasifikasi maka subjek dari koleksi di wakili oleh 1 jenis warna untuk setiap subjeknya.
Contoh: Warna putih untuk subjek karya umum, merah untuk ilmu sosial, biru untuk subjek ilmu terapan dan seterusnya. Akan tetapi notasi warna ini memiliki beberapa kelemahan yaitu terbatasnya jumlah warna padahal subjek ilmu terus bertambah Selain itu klasifikasi warna tidak optimal keberadaannya jika digunakan untuk yang memiliki masalah dengan buta warna.

Kedua, Notasi Huruf:
Pada prinsipnya penggunaan abjad sebagai notasi hampir sama dengan penggunaan warna dalam sistem klasifikasi di mana setiap abjad memiliki subjek tertentu misalnya huruf a mewakili subjek pengetahuan umum mewakili subjek filsafat yang mewakili subjek agama dan seterusnya.

Dalam penggunaan sistem abjad dapat juga digunakan inisial atau singkatan dari sebuah subjek misalnya untuk subjek pengetahuan umum fil untuk subjek filsafat, slg untuk subjek sosiologi, pol untuk subjek politik

Ketiga, Notasi Angka atau Nomor Klasifikasi :
Jenis notasi yang terakhir ini adalah notasi dengan menggunakan angka notasi angka diperoleh dari sistem klasifikasi yang ada saat ini ada beberapa sistem klasifikasi yang cukup familiar di Indonesia sistem tersebut antara lain Dewey Decimal Classification Atau biasa kita sebut dengan DDC, Universal Decimal Classification singkatan dari UDC, Library of Congress (LC) dan Colon Classification.

Dengan adanya beberapa penjelasan di atas tadi, diharapkan anda yang sedang mencari informasi tersebut khususnya para pustakawan jadi lebih bisa mengetahui Cara Menentukan Notasi Atau Nomor Klas di Perpustakaan.

Sebagai pengetahuan tambahan, jangan lewatkan artikel :



Update 22 Maret 2018:

Cara Menentukan Notasi dan Klasifikasi Perpustakaan

Bagaimana Cara menentukan suatu Notasi? mungkin diatas telah admin sampaikan penjelasan tentang tiga jenis notasi perpustakaan yaitu meliputi Warna, Huruf, serta Angka atau daftar kode buku perpustakaan, penentuan suatu notasi dimana sebagai suatu identitas pada setiap buku dengan berbagai macam karya, juga terkait isi dari Buku.

Sebagai seorang pustakawan tentu saja harus mampu memahami setiap notasi Buku karena nya dalam hal ini anda perlu memahami setiap beberapa teknis mengenai pengelolaan perpustakaan seperti mempelajari pengenalan ilmu dasar perpustakaan, juga dalam me manajemen pengelolaan perpustakaan.

Cara Menentukan Notasi dan Klasifikasi Perpustakaan

Dalam cara penentuan suatu Notasi dalam perpustakaan tentunya menjadi bagian yang harus diketahui oleh setiap pustakawan karena itu memahami notasi menjadi bagian hal penting yang harus di pelajari, agar dalam menata kelola perpustakaan dapat teratur terutama dengan penyiapan beberapa ketersediaan jenis Buku yang akan dibutuhkan bagi pembaca, Berikut ini adapun admin akan memberikan beberapa format klasifikasi Perpustakaan yang berkaitan dengan penentuan Notasi seperti membuat sebuah Contoh Label Buku, Format Katalog Buku, untuk membantu dalam mengatur setiap jenis pada Buku sesuai dengan Notasi. Silahkan miliki format tersebut melalui tautan berikut.
Itu saja sedikit tambahan mengenai penjelasan dalam cara menentukan Notasi juga pembuatan beberapa Contoh format dalam mengklasipikasi buku Perpustakaan, diharapkan mampu memenuhi kelengkapan administrasi rekan pustakawan. sekian penyampaian artikel hari ini semoga bermanfaat.





Update 14, April 2018:

Cara Menentukan Notasi

untuk menentukan suatu jenis Notasi Pada Buku terdapat beberapa pegangan yang harus kuasai oleh pustakawan, yaitu harus mampu menguasai setiap jenis Buku berdasarkan Klasifikasi, adapun untuk mengenali setiap pengkodean pada Buku yaitu dengan melihat pada sistem klasifikasi Desimal Dewey Classificcation (DDC), yang pada umum nya banyak digunakan oleh pustakawan dalam menentukan suatu notasi Nomor Klas Buku.

Menentukan suatu Notasi pada Buku Perpustakaan Sekolah, tentunya merupakan bagian kegiatan dari Administrasi Perpustakaan yang sering dilakukan oleh pustakawan, penentuan suatu Notasi untuk Buku dimana berfungsi untuk memudahkan bagi pengunjung peserta didik, juga pustakawan dalam mencari setiap Buku-buku yang ada di perpustakaan sesuai dengan kebutuhan.
Cara Menentukan Notasi

Pada Postingan inipun dimana kami akan membagikan beberapa penunjang untuk menentukan Notasi Buku berdasarkan Lebel, Kartu Katalog juga pengarang serta penulis, dengan demikian rekan rekan pustakawan dapat dengan mudah dalam mengidentifikasi setiap jenis Buku. Berikut ini silahkan daparkan referensi terbaru unttuk menentukan Notasi melalui tautan dibawah.
Itu saja informasi terbaru dari kami sedikit pembahasan mengenai cara menentukan notasi, juga beberapa format dalam mengklasifikasi berbagai macam jenis Buku. Jangan lewatkan untuk berkunjung kembali karena masih banyak beberapa berkas dan dokumen yang mudah didapat secara gratis di situs kami.



Update 19, April 2018:

Penggunaan Notasi Atau Nomor Klas di Perpustakaan untuk Klasifikasi Buku

Notasi Klasifikai sebagaimana merupakan suatu kode isi pokok bahan pustaka Buku, bahkan artikel, majalah maupun prosiding, dimana sebagai funngsi untuk memudahkan dalam melakukan pencarian informasi dengan sebuah bentuk kata kunci, maka notasi Buku Perpustakaan pada dasar nya merupakan keperluan dalam pemberian identifikasi pada buku, baik berdasarkan nomor punggung buku maupun kartu Format Katalog Buku, subjek.

Jika membahas mengenai tentang Klasifikasi Buku Perpustakaan dan Cara menuntukanya memang menjadi sebuah tugas administrasi perpustkaan yang wajib dilakukan dan di tata kelola oleh pustakawan sebagai fungsi penanda untuk mengelompokan buku sesuai dengan jenis bahan Pustaka. Notasi Buku dilakukan sebagai rincian jenis bahan pustaka lebih detail sesuai dengan keterangan suatu judul atau subjek isi pokok pada Buku.
Penggunaan Notasi Atau Nomor Klas di Perpustakaan untuk Klasifikasi Buku

Guna membantu pustakawan dalam menata kelola sebuah Buku dan pengurutan berikut kami bagikan Contoh urutan nomor berdasarkan dalam Rak, untuk setiap jenis bahan pustaka yang telah ditentukan atau diklasifikai, sesuai dengan kode notasi. Berikut ini silahkan dapatkan format Notasi untuk Nomor Klas di perpustakaan sekolah melalui tautan dibawah.
Rujukan:


Baik itu saja informasi terupdate dan terbaru dari kami mengenai Penggunaan Notasi Atau Nomor Buku Klas Perpustakaan Sekolah, diharapkan bisa membantu anda dalam mengelompokan/ Klasifikasi setiap jenis Bahan Pustaka yang ada di perpustakaan sekolah. akhir kata terimakasih atas kunjungan nya semoga bermanfaat.
Share To:

Iyuy Nur Hadaniah

Post A Comment: