sitemap

Pengertian Pustakawan, tips menjadi pustakawan profesional dan contoh format administrasi perpustakaan sekolah paling sering digunakan.

Tips Menjadi Pustakawan Profesional - Sebelumnya telah saya bahas mengenai Pengenalan Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Secara Umum yang merupakan sebagai tahap awal supaya anda memiliki bekal wawasan untuk melangkah ke tahap informasi lebih meluas lagi.

Sekarang saatnya kita bahas tentang pustakawan dan bagaimana untuk menjadi pustakawan yang profesional (bertanggung jawab sesuai tugasnya) karena tanpa seorang pustakawan, perpustakaan sebagus apapun tidak akan berfungsi dan berjalan sebagaimana mestinya.
Tips Menjadi Pustakawan Profesional
Tips Pustakawan Profesional

Siapakah Pustakawan Itu?

Pustakawan adalah seorang (atau lebih) tenaga pengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan perpustakaan itu sendiri misalnya seperti mengelola buku, manajemen, mempersiapkan administrasi dan melayani pengunjung yang meminjam buku, teruma guru dan siswa (Perpustakaan Sekolah)

Tips Menjadi Pustakawan Profesional

Kepribadian Pustakawan (Pelayanan Perpustakaan)

Perlu diketahui untuk menjadi seorang pustakawan tidaklah semudah yang kita bayangkan, karena pada kenyataannya semua kegiatan di perpustakaan berinteraksi langsung dengan kepribadian kita sebagai pustakawan, terutama mengenai pelayanan terhadap pengunjung. Keadaan tidak selalu mulus tanpa masalah apapun, kendala selalu saja ada oleh karena itu untuk menjadi seorang profesional kita harus mampu bersikap tetap tenang, tegas dan bijak dalam menghadapi segala bentuk kondisi saat itu, intinya  seorang pustakawan harus mampu memberikan pelayanan terbaik.

Selain itu, pustakawan harus penuh tanggung jawab dalam mempersiapkan segala macam administrasi yang dibutuhkan guna kelancaran kegiatan yang dilaksanakan di perpustakaan. Administrasi Perpustakaan tersebut bisa anda ketahui dan dapatkan melalui list yang saya sediakan di bawah ini :

10 Administrasi Perpustakaan Sekolah yang harus dipersiapkan oleh Pustkawan

Sebenarnya ada banyak administrasi yang wajib dimiliki namun saya akan mempersingkatnya lebih mengutamakan dokumen paling umum digunakan oleh para pustakawan di sekolah :
  1. Format Buku Induk Perpustakaan, buku ini berfungsi sebagai pencatat kumpulan buku yang ada di perpustakaan berdasarkan katalog , nomor, label dan klasifikasinya.
  2. Buku Kunjungan Harian Perpustakaan, secara umum digunakan sebagai catatan pengunjung untuk setiap harinya.
  3. Buku Kunjungan Kelas Perpustakaan, catatan khusus untuk data setiap perpustakaan dikunjungi siswa pada jam pelajaran tertentu.
  4. Rekapitulasi Peminjaman Buku, untuk merekap (merangkum) buku yang dipinjam.
  5. Daftar Buku Teks
  6. Berita Acara Pemilihan Buku
  7. Format Buku Inventaris Perpustakaan, digunakan untuk mencatat data jumlah buku, hilang, rusak dan baru.
  8. Daftar Rasio Buku Teks
  9. Daftar Penggunaan Buku
  10. Kartu Buku, digunakan untuk identifikasi (identitas buku) saat peminjaman dilakukan.
  11. Pesanan Buku
Setelah membaca dan mempelajari Tips Menjadi Pustakawan Profesional di atas yang membahas tentang Kepribadian dan Kumpulan administrasi perpustakaan apakah anda sudah siap untuk menjadi seorang tenaga perpustakaan di sekolah? Tunggu dulu! Sebaiknya anda pahami tentang Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah pada artikel berikutnya.




Update 22 Maret 2018:

Cara Menjadi Pustakawan Profesional

Setelah kami membahas Tips Menjadi Pustakawan Profesional maka selanjutnya sebagai tambahan admin akan sedikit memberikan penjelasan bagaimana cara menjadi putakawan profesional, sebelum mengulas lebih jauh admin akan sedikit membicarakan mengenai Jabatan Fungsional Pustakawan yang kini telah diakui eksistensinya seiring dengan keluarnya keputusan MENPAN, SEB tentang fungsional dan angka kreditnya sebagai fungsi agar pustakawan bisa lebih meningkatkan karirnya sesuai profesi dan potensi.

Membicarakan mengenai putakawan memliki dua tingkat jabatan yatu tingkat tampil dan tingkat ahli dengan ke 2 jenis tersebut mempunyai beberapa jenjang diantaranya terdiri dari
Tingkat Terampil
  1. Pustakawan Pelaksana
  2. Pustakawan Pelaksana Lanjutan
  3. Pustakawan Penyelia

Tingkat Ahli
  1. Pustakawan Pertama
  2. Pustakawan Muda
  3. Pustakawan Madya
  4. Pustakawan Utama

Dari tingkat jenis diatas setiap jenjang jabatan pustakawan memiliki pelaksanaan tugas juga kegiatan sendiri secara spesifik dan mandiri, dengan tetap terintegrasi dalam pelaksanaan setiap tugas pekerjaan perpustakaan seperti dokumentasi dan informasi.

Cara Menjadi Pustakawan Profesional

Merujuk pada perihal diatas tentu saja sebagai seorang pustakawan harus memiliki kesiapan dalam menjalankan aktivitas serta tugas terutama dalah hal pelayanan, sebagaimana kita ketahui pelayanan merupakan pioritas utama untuk melayani setiap pengunjung dan pembaca, selain itu penyiapan ketersediaan beberapa Buku, juga pengelolaan dokumentasi tau administrasi Perpus.

Oleh karena itu untuk cara menjadi seorang pustakawan yang profesional terlebih harus memahami juga setiap ilmu perpustakaan, seperti manajemen pengelolaan perpustakaan serta pengenalan dasar ilmu perpustakaan sekolah, mengenai beberapa perlengkapan adminitrasi yang harus disiapkan sebagai penunjang dalam menjalankan aktivitas kegiatan. Adapun kami mempunyai lampiran tentang jabatan fungsional pustakawan yang dapat anda miliki untuk dipahami dan dipelajari berikut formatnya silahkan dapatkan melalui tautan dibawah.


Mungkin itu saja sedikit tambahan yang admin bagikan mengnai cara menjadi pustakawan profesional juga beberapa kebutuhan dalam proses administrasi Perpustakaan. Sekian penyampaian artikel hari ini semoga bermanfaat.
Share To:

Iyuy Nur Hadaniah

Post A Comment: